Pengunjung Blog

Histats.com © 2005-2014

INFO BABEL

PEMDA BELITUNG

PEMDA BELITUNG TIMUR

BUKA FOTO UNIK ATAU VIDEO UNIK, ANDA AKAN TERSENYUM

Kabel Bawah Laut

Diposkan oleh On 10:45 PM with No comments



MODAL KOORDINASI, PENCURI KABEL FIBER OFTIK BAWAH LAUT KEMBALI BERAKSI 



Siapa yang tak kenal dengan KARSONO yang tenar dimedia sosial dengan sepak terjang kasus pencurian Kabel bawah laut yang selalu lepas dari jeratan hukum. KARSONO  sering ditangkap oleh penegak hukum, baik dari Polres Belitung, Polda Bangka Belitung dan terakhir pernah diamankan oleh Jajaran Kodim 0414 Belitung namun keberadaannya sempat menghilang selama satu tahun terakhir. Kini karsono beraksi kembali di bulan Agustus 2016.
 Kabel Fiber Oftik ( FO ) bawah laut milik KARSONO pernah diamakan oleh  Jajaran Kodim 0414 Garuda Jaya Belitung. Untuk kesekian kalinya kabel bawah laut yang diambil KARSONO yang  kabarnya Kabel Fiber Optik ( FO ) Kabel Alma itu tidak bertuan alias tidak diakui kepemilikannya. Setelah sempat beberapa kali ditangkap oleh pihak yang berwajib, sampai saat ini kasus pengambilan kabel bawah laut yang dilakukan oleh KARSONO tidak pernah sampai kemeja hijau, sedangkan anak buah (pekerja) serta barang bukti kabel bawah laut milik KARSONO pernah diamankan oleh jajaran Kriminal Umum Polda Babel, namun lagi-lagi kasus tersebut seperti hilang ditelan bumi dan tidak ada tindak lanjutnya.
Dandim 0414 Belitung Letkol Arhanud  Marthen Verny  Rorintulus pernah dikonfirmasi Awak Media Via Telepon, Senin (09/11/2015) saat melakukan penangkapan pernah mengatakan bahwa penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat ke Danrem Garuda Jaya Bangka Belitung, selanjutnya Danrem memerintahkan Dandim Belitung untuk menindaklanjuti informasi tersebut, kemudian anggota Kodim 0414 Belitung bergerak menuju lokasi pelabuhan  kapal milik karsono yang ada didusun Teluk Dalam Desa Juru Sebrang Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. kabel Fiber Oftik bawah laut hasil curian dari pelabuhan itu benar adanya dan belum sempat diolah. “ benar jika jajaran Kodim 0414 menindaklanjuti perintah Danrem Garuda Jaya Babel untuk mengamankan barang bukti kabel bawah laut milik saudara KARSONO, Danrem juga mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada aktifitas pengambilan kabel bawah laut yang diduga Illegal,” jelas Dandim.
Menurut Dandim untuk selanjutnya barang bukti telah diserahkan ke Polres Belitung karena Kodim tidak bisa melakukan penyidikan, Dandim Belitung memaparkan untuk proses selanjutnya biar hukum yang membuktikan benar atau salahnya, yang pasti mengambil barang yang bukan miliknya itu merupakan tindakan kriminal. “barang bukti dan proses selanjutnya kita serahkan ke Polres Belitung, karena kita tidak punya wewenang untuk melakukan penyidikan, benar salah itu biar hukum yang membuktikan, yang pasti mengambil barang yang bukan miliknya itu kategori kriminal dan Karsono tidak bisa menunjukkan dokumen yang menyatakan kabel yang diambilnya itu legal,” papar Letkol Marthen pada Hari senin (09/11/2015) setahun yag lalu.
Pantauan wartawan Karsono kini melakukan aktifitas pengambilan kabel bawah laut kembali, namun Karsono berpindah tempat yang dulunya di Dusun Teluk Dalam Desa Juru Sebrang Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung kini Karsono berpindah ke Desa Mentigi Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung. Apakah Karsono ini memang kebal hukum atau memang tidak ada pasal-pasal pada KUHP yang bisa menjerat aktifitas dan bisnis yang dijalankan oleh karsono, atau barangkali ada dugaan aparat penegak hukum yang membekingi bisnis milik Karsono  ?, terlepas dari itu semua yang jelas hukum tetap harus ditegakkan.
Misni ABK Kapal Karsono saat ditemui Pelita RAKYAT dilokasi penumpukan kabel mengatakan bahwa Karsono Memiliki Lima Unit Kapal untuk melakukan pengambilan Kabel Bawah Laut dan saat ini sudah melakukan pengambilan sampai keperairan Laut Jakarta Pulau Seribu dan Misni juga mengatakan tentang keamanan, lebih aman didarat dari pada dilaut karena mereka sering ditangkap dilaut daripada didarat. Saat disinggung tentang bagaimana kalau ditangkap bisa dilepaskan, Misni menjawab koordinasilah semua yang mengatur. “ Semua itu tergantung koordinasi, kalau kordinasi tidak bagus tentu kami ditangkap, karena dulu koordinasinya belum bagus. Kini kami kembali lagi dan saya rasa koordinasinya sudah bagus, dulunya patroli  sering menangkap kami dilaut karena belum kenal dengan Karsono, karena atasannya sudah dipegang bawahannya belum, istilahnya karsono koordinasi lewat atasannya bawahannya belum tau. ”ujar Misni.
Kapolres Belitung saat dikonfirmasi Via Sms oleh wartawan terkait pengambilan Kabel bawah laut yang dilakukan Karsono, sampai berita ini diturunkan belum ada balasan. Dandim Belitung saat dikonfirmasi Via Telepon Seluler  juga tidak mengangkat ponselnya , mencoba dengan Sms namun tidak ada balasan.
            Sangat diharapkan agar pelaku pencurian kabel bawah laut dapat ditindak tegas secara hukum, karena kabel bawah laut yang ada bertahun-tahun dalam dasar laut merupakan salah satu tempat ikan berkembang biak. Tindakan pelaku bukan hanya merusak  ekosistem bawah laut, namun juga melakukan pencemaran lingkungan yang ada ditepi laut Dusun Desa Mentigi Kecamatan Membalong kabupaten Belitung.* ( sumber AS )


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

loading...