Pengunjung Blog

Histats.com © 2005-2014

INFO BABEL

PEMDA BELITUNG

PEMDA BELITUNG TIMUR

BUKA FOTO UNIK ATAU VIDEO UNIK, ANDA AKAN TERSENYUM

Ucapan HUT TNI

INSAN PERS KABUPATEN BELITUNG AKSI DAMAI DI POLRES BELITUNG, TOLAK KEKERASAN TERHADAP JURNALIS

Diposkan oleh On 12:02 AM with No comments


Aksi solidaritas terhadap kekerasan Jurnalis yang melakukan peliputan di berbagai daerah di Republik Indonesia, dilakukan rekan - rekan Jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Belitung sebagai aksi solidaritas atau aksi damai dilaksanakan Selasa, 1 Oktober 2019 pukul 11.00 WIB Lokasi : Aula Polres Belitung.
Adapun tuntutan yang dilakukan oleh Insan Pers Kabupaten Belitung dalam aksi damai " Tolak Kekerasan terhadap Jurnalis " yaitu :  1. Menolak segala tindak intimidasi dan kekerasan terhadap para jurnalis ketika menjalankan tugas tugas jurnalistik. 2. Menuntut Kepolisian mengusut tuntas kasus kekerasan dan intimidasi terhadap rekan kami jurnalis yang terjadi di berbagai daerah ketika menjalankan tugas. 3. Menolak RUU KUHP yang kontroversial karena dinilai menghalangi tugas jurnalis sesuai dengan undang undang dan tuntutan yang ke. 4. Meminta Kapolres Belitung menyampaikan tuntutan ini kepada  DPR/MPR RI, Kapolri dan Presiden RI.
Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana dalam  menanggapi tuntutan wartawan mengatakan," intinya kami dari Polres Belitung,  mewakili kepolisian yang ada di Pulau Belitung, di Belitung ada dua kepolisian yaitu di Belitung dan Belitung Timur, karena rekan rekan wartawan memilih menuangkan aspirasinya di Polres Belitung kami siap mewakili dari kepolisian untuk menampung dan menyampaikan aspirasi atau tuntutan tersebut, untuk hal yang disampaikan teman teman tadi, insiden yang terjadi ditempat lain yang menimpa rekan jurnalis atau pers pada intinya kami akan akomodir, tuntutan yang tadi disampaikan akan kami sampaikan secara berjenjang karena dikepolisian mengenal adanya hirarki kesatuan yang ada, dari Polres ke Polda, dari Polda ke intelejen sampai ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
Kegiatan ini adalah kegiatan yang positif, supaya kejadian kejadian yang ada diluar pulau Belitung tidak terjadi di Belitung, perlu teman teman ketahui jurnalis yang meliput kegiatan kegiatan yang dapat mebahayakan dirinya, pada saat situasi situasi caos atau situasi situasi yang seharusnya rekan rekan tahu harus menempatkan diri pada saat meliput, jadi bukan hanya melindungi diri sendiri juga menjaga peralatan yang dibawa, karena pada saat situasi seperti itu, yang kita lihat di televisi atau dimedia media lain, selain menyelamatkan diri memang terkadang dari Polripun ada humas yang meliput kegiatan pada saat meliput demontrasi banyak yang menjadi korban, karena keseriusan mengambil berita, mengambil gambar lupa keselamatan diri.
Sesuai pengalaman yang ada, tensi petugas dalam melaksanakan tugasnya pada saat pengamanan demontrasi, ini tensinya pasti akan ikut naik, sesuai dengan situasi yang ada, dikotak kota besar kita bisa liat berhari hari melakukan penjagaan berhari hari juga pengamanan  di tempat demo, tempat aksi, objek yang sudah ditentukan untuk diamankan, jadi dengan hal tersebut supaya rekan rekan pers juga memahami, kami tidak bisa menjawab secara langsung karena kejadian bukan ditempat kita, tapi kami akan lanjutkan apa yang menjadi keinginan dari rekan rekan, semoga kejadian tersebut tidak terjadi di Belitung, " ungkap Yudhis. ( Ali Hasmara )

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

loading...